Jumat, 17 Juni 2016

DASAR-DASAR HARDWARE



BAB I
PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang
          Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang berarti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.Diantaranya :
              Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input; memproses input tadi sesuai dengan programnya; menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan menyediakan output dalam bentuk informasi.Sedangkan Fuori berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain.
 Perkembangan teknologi komputer saat ini telah menghasilkan pencapaian yang sangat signifikan, baik dari segi perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Hal ini didorong oleh semakin tingginya kebutuhan manusia akan pengolahan informasi serta kebutuhan akan kemudahan, kecepatan, dan ketepatan dalam melakukan kegiatan sehari-hari maupun dalam dunia kerja.Mulai dari pemakaian yang biasa seperti kegiatan perkantoran, belajar mengajar sampai dengan kegiatan yang membutuhkan spesifikasi hardware dan softwareyang tinggi seperti kegiatan mengelola data perbankan, akuntansi, pengolahan audio, video, pengolahan citra, enkripsi data dan jaringan komputer. Dalam proses perkembangannya, teknologi hardware dan software disesuaikan dengan kebutuhan manusia yang semakin kompleks dan penuh dengan persyaratan.
               Khususnya pada perkembangan teknologi perangkat lunak jaringan komputer.Dimana saat ini kebutuhan terhadap komunikasi dan memperoleh informasi menjadi sebuah perkembangan yang sangat diminati.Pemanfaatan teknologi jaringan komputer ini memperbolehkan manusia untuk berkomunikasi dengan murah dan mendapatkan informasi dan data yang diinginkan dengan mudah.Muncul dan berkembangnya teknologi jaringan yang telah dipakai saat ini tidak lepas dari pengembangan metode-metode sepertiDistributed Computing, Parallel Computing, Grid Computing, maupun Cluster Computing.DistributedComputing berhubungan dengan sistem hardware dan softwareyang berisi lebih dari satu elemen pemroses atau elemen penyimpanan (storage), prosesconcurrent, beberapa progam, yang berjalan dibawah suatu pengaturan maupun secara bebas.Parallel Computing adalah bentuk dari komputasi dimana banyak proses dikerjakan secara simultan, yang bekerja berdasarkan prinsip bahwa masalah yang besar dapat dibagi-bagi menjadi masalah yang kecil-kecil, yang dapat dipecahkan secara concurrent. Cluster Computing adalah sebuah group komputer yang saling terhubung, saling bekerja sama sehingga dalam hubungan tersebut membentuk sebuah komputer tunggal. Grid computing adalah aplikasi dari beberapa komputer digunakan untuk memecahkan satu masalah dalam pada waktu yang sama, biasanya digunakan untuk memecahkan masalah ilmiah atau teknis yang memerlukan pemroses dengan jumlah yang sangat besar atau mengakses data dengan jumlah sangat banyak.

1.2 Tujuan
Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan dan di harapkan bermanfaat bagi kita semua.
1.3 Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang diatas masalah utama yang akan dibahas adalah dasar-dasar hardware (perangkat keras)







BAB II
PEMBAHASAN
Perangkat Keras / hardware adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras. Contoh dari Hardware adalah sebagai berikut:
  1. Perangkat Input komputer /Masukan: Merupakan Hardware yang digunakan untuk memasukkan (Input) instruksi dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Keyboard, Mouse, dan Joystick.
  2. Perangkat Pemrosesan komputer : Merupakan Hardware yang terdapat pada sebuah komputer untuk memproses masukkan/input dari pengguna. Contohnya adalah Prosesor pada sebuah komputer.
  3. Perangkat Output komputer / keluaran : Merupakan Hardware yang digunakan untuk menghasilkan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Monitor, Speaker, dan Printer.
http://1.bp.blogspot.com/-SF45YhN2-TQ/UY_NQUCCzfI/AAAAAAAAAGA/vp_yc1b4gsM/s320/komponen-komponen-komputer.jpg
Perangkat keras atau hardware pada komputer
Berikut beberapa kategori yang tergolong dalam perangkat keras / hardware pada komputer,   sudah saya jelaskan rinci dengan gambarnya.

1.CPU (Central Processing Unit)
            CPU adalah pusat pengendali dan pemerosesan pada sebuah komputer yang mengatur semua instruksi program dan semua aktivitas yang dilakukan dalam komputer, sehingga CPU biasa disebut sebagai otak dari computer atau inti komputer yang berfungsi sebagai kendali utama komputer segala sesuatu yang dikerjakan komputer berada dibawah pengawasan CPU.istilah lain CPU adalah Microprocessor yaitu mesin komputasi lengkap yang disusun pada sebuah chip.

macam-macam perangkat keras komputer
2.Motherboard (Mainboard)
       motherboard (papan induk), ialah papan sirkuit tempat terhubungnya komponen – komponen perangkat keras lainnya yang biasa di sebut dengan mobo, motherboard atau kata lainya mainboard adalah papan pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), yang memiliki jalur akses untuk menghubungkan antar perangkat lainya. mobo adalah komponen utama pada komputer karena disana adalah tempat berkumpulnya komponen – komponen penting komputer dan tempat berlalu lalangnya data.
Fungsi utama dari Motherboard secara umum
         Fungsi utama motherboard ialah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras lainnya. Artinya, motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antarperangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras seperti prosesor, RAM, hard disk, printer, VGA ,power supply, dan masih banyak lagi.
macam-macam perangkat keras komputer https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhHLbWCj1u_IJdu7JJoXT0SIC-V2G1j7X87DtMucIeeOc_TP3Q8v3xuRvUStwwXicZEzCSWwyouz1iXJgGSgOKGEIGOqWOzZJ5EootCLwHLTFCvGqqAzAccRZQ7rABSyJvzhmTyqvATkDE/s1600/mobo.png 
gambar motherboard bagian internal
gambar motherboard
gambar internal motherboard
dari gambar di atas ada beberapa slot komponen perangkat keras yang masih kosong. dan saya akan sedikit menjelaskan slot apa saja yang tersedia di motherboard.
  • CPU SOCKET  adalah slot untuk memasang Processor
  • Memory Slots  adalah tempat untuk memasangkan RAM
  • Power Connector adalah slot untuk menyambungkan power dari power supply.
  • PCI  adalah slot untuk memasangkan perangkat keras seperti lan card, vga card, sound card dll.
  • SATA Port adalah port untuk hardisk atau dvdrom
  • Motherboard model number adalah model dari seri mobo tersebut.
  • External Ports nanti akan saya jelaskan di gambar berikutnya.
gambar motherboard bagian eksternal
gambar slot eksternalmotherboard
gambar slot eksterna lmotherboard
nah pada gambar ini adalah di bagian luar yang menonjol pada cashing pc yang beberapa fungsinya adalah sebagai berikut.
  • ps/2 Keyboard adalah slot untuk keyboard jadul jenis connecto ps/2
  • ps/2 Mouse sama halnya keyboard cuman yang warna ijo ini untuk mouse
  • USB adalah port untuk usb
  • Printer Parallel Port adalah Port untuk memparallelkan printer
  • com1 dan com2 adalah port serial yang biasanya di gunakan untuk mouse dan modem.
  • game port fungsinya untuk slot joystik / ps dll.


3.RAM (Random Access Memory)
            Ram (Random Access Memory) adalah Tempat dimana kita menemukan instruksi-instruksi yang hendak dikerjakan dan sebagai media penyimpanan sementara. dan ini adalah salah satu penunjang membaca proses komputer yang akan bekerja jika perintah datang dari perangkat keras lainnya dan kinerja komputer bisa lebih cepat dengan adanya RAM. Fungsi dari RAM adalah mempercepat pemprosesan data pada computer semakin besar RAM yang dimiliki maka semakin cepatlah komputer.
perangkat keras komputer / hardware
MACAM-MACAM RAM
1. EDO RAM
macam-macam-ram-pada-komputer1
Kepanjangan dari Enhanced Data Output RAM). Cara kerjanya yaitu mengambil dan menyimpan data memori yang dilakukan secara simultan. Ciri utamanya yaitu :
– Memiliki 1 lubang pin pada bagian tembaganya.
– Pemasangannya harus digandeng (berpasangan).
– Banyak diaplikasikan pada komputer lama.
2. RD RAM
SD-RAM
RD RAM
RAMBUS Dinamic RAM. Memiliki kecepatan komunikasi yang lebih cepat dibanding EDO ram. Namun jenis ini cukup jarang digunakan. Cirinya :
-  Terdapat heatsink.
-  Terdisri dari 232 pin.
-  Harus berpasangan cara kerjanya.
-  Banyak digunakan pada komputer sekitar tahun 1999 hingga 2000 an.
3. SD RAM
SD-RAM
SD-RAM
Synchronous Dinamic RAM. Memiliki tingkat sinkronisasi tinggi dibanding SIMM dan EDO. Spesifikasi yang dijual dipasarang banyak ditentukan oleh clock. Misal : 32 MB/ 133 MHZ. Ini memiliki arti kapasitas memori yang dimiliki yaitu 32 Mb dengan frekuansi kerja clock 133 MHz. Cirinya :
– Memiliki 2 lubang pada  pin
– Terdiri dari 172 pin.
4. RAM DDR
DDR
DDR
Double Data Rate. Memiliki kecepatan 2X lebih cepat dibanding generasi sebelumnya yakni SD RAM. Spesifikasi yang banyak beredar antara lain : PC2100, PC2700, PC3200, PC3500, PC3700, PC4000, PC4200, PC4400, PC4500, PC4800, PC5000. Dengan varian speed memori : 133 MHz, 233MHz, 400MHz, . Cirinya :
– Terdiri dari 184 pin
– Tegangan kerja 2,5 V
– Terdapat 1 lubang pada kakinya dengan posisi agak ke kanan.
5. DDR 2
DDR 2
DDR 2
Untuk DDR generasi kedua ini memiliki kemampuan dua kali lebih cepat dibanding pendahulunya, yakni DDR. Cirinya :
– jumlah pin 240
– Tegangan kerja 1,8 V.
– Terdapat 1 lubang pada kakinya, dengan posisi agak ditengah.
6. DDR 3
DDR 3
DDR 3
Memiliki kecepatan tiga kali lipat dibanding DDR. DDR3 memiliki kemampuan lebih yang dimiliki dari type sebelumnya. Dengan ciri :
– Jumlah pin 240
– Tegangan kerja 1,5
– Terdapat 1 lubang yang terletak sedikit ke sisi kiri.



4.Harddisk
Pengertian Hard Disk
Hard Disk adalah perangkat keras komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi media penyimpanan data. Data-data yang telah disimpan di dalam perangkat harddisk tidak akan hilang. Bahkan apabila pengguna mematikan perangkat komputer/laptop. Dengan kata lain, harddisk memiliki peran sebagai media penyimpanan yang bersifat permanen (data-data tidak akan hilang atau terhapus). Kapasitas daya tampung daripada harddisk itu sendiri juga terbilang cukup besar. Dimana kalkulasi yang dipakai adalah dalam ukuran Byte (B).
.
Fungsi Hard Disk

Fungsi perangkat harddisk secara umum adalah untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer/laptop. Di dalamnya, terdapat sebuah ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Dimana di situlah setiap data dan informasi disimpan olehnya. Selain memiliki ruang utama, harddisk juga mempunyai komponen-komponen bagian. Adalah semacam ruang kecil yang terdiri atas direktori, folder, subdirektori, serta subfolder, yang digunakan untuk peletakan data dan informasi dari ruang utama harddisk.
perangkat keras komputerpengertian hard disk



5.Processor
Processor adalah perangkat keras yang berguna untuk melakukan pembacaan, pengertian dan melaksanakan perintah dari pelaksanaan program. Semua proses yang datang baik dari perangkat input maupun output inilah yang nantinya di proses oleh procesor dan ini bisa dikatakan sebagai otak komputer.

Fungsi Prosesor (Processor)

      Fungsi prosesor dalam sebuah komputer mempunyai fungsi yang sangat penting, karena komponen kecil ini menentukan kecepatan performa dari sebuah komputer. Pada umumnya fungsi sebuah prosesor adalah untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran atau output. Cara kerja prosesor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama harddisk drive (HDD) dan Memori RAM. Fungsi prosesor juga di ibaratkan sebagai sebuah otak dari komputer karena setiap data yang akan diproses akan selalu melewati prosesor untuk kemudian diolah dan menghasilkan data-data yang di inginkan dari user/pengguna. Bagi para gamer, pasti sudah familiar dengan istilah, “greater processor, greater gaming experience”, karena sebuah game pasti sangat berpengaruh dengan kapasitas dan kecepatan prosesor dari
sebuah komputer.
macam-macam perangkat keras komputer

6.Power Supply 
      Power Supply adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk memberikan tenaga dan energi arus listrik pada komputer. power supply kayaknya sederhana tetapi memiliki peran yang besar karena ini adalah catu daya pada ke berbagai perangkat keras lainnya.
FUNGSI POWER SUPPLY


Power Supply berfungsi sebagai penyuplai tegangan listrik langsung kepada komponen-komponen yang berada di dalam casing komputer. Power Supply juga berfungsi untuk mengubah tegangan AC menjadi DC, karena perangkat keras komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC.

CARA KERJA POWER SUPPLY

Ketika kita menekan tombol power pada casing, yang terjadi adalah langkah berikut.Power supply akan melakukan cek dan tes sebelum membiarkan sistem start. Jika tes telah sukses, power supply mengirim sinyal khusus pada motherboard, yang di sebut power good

JENIS-JENIS KONEKTOR POWER SUPPLY
  1. Konektor 20/24 pin ATX Motherboard. Digunakan untuk mensupply tegangan ke motherboard. Pada Motherboard versi lama digunakan Konektor ATX 20 pin, sedangkan Motherboard yang sekarang/terbaru sudah menggunakan konektor ATX yang 24 pin. Untuk konektor ATX 24 pin pada dasarnya merupakan konektor ATX 20 pin ditambah dengan konektor 4 pin, sehingga kedua konektor ini bisa digabungkan atau dilepas sesuai dengan motherboard yang kita pakai.
  2. ATX 4 pin connector. Digunakan sebagai penyedia supply tegangan untuk Processor kelas Intel Pentium IV. Jadi pada Pentium 4 kebawah, konektor ini tidak perlu digunakan.
  3. 4 Pin Peripherial Power Connector/Molex Connector. Digunakan sebagai supply tegangan untuk berbagai hardware seperti Hardisk IDE, CD ROM Drive dan Kipas Casing komputer.
  4. SATA Power Connector. Digunakan untuk mensupply tegangan untuk komponen hardware yang menggunakan interface SATA seperti Hardisk SATA dan CD/DVD ROM SATA.
  5. Floppy Drive Connector/Berg Connector. Konektor ini khusus digunakan untuk Floppy Drive atau pun external audio card. Karena penggunaan Floopy Drive sekarang sangat jarang, maka konektor ini jarang digunakan.
  6. 6 pin PCI-E connector. Konektor ini digunakan untuk memberikan tegangan pada yang terdapat pada beberapa graphic Card yang menggunakan slot PCI Express.
JENIS-JENIS POWER SUPPLY

1. Power supply AT
Power supply yang memiliki kabel power yang dihubungkan ke motherboard terpisah menjadi dua konektor power (P8 dan P9). Kabel yang berwarna hitam dari konektor P8 dan P9 harus bertemu di tengah jika disatukan.
Pada power supply jenis AT ini, tombol ON/OFF dihubungkan langsung pada tombol casing. Untuk menghidupkan dan mematikan komuter, kita harus menekan tombol power yang ada pada bagian depan casing. Power supply jenis AT ini hanya digunakan sebatas pada era komputer pentium II. Pada era pentium III keatas atau hingga sekarang, sudah tidak ada komputer yang menggunakan Power supply jenis AT.


Ciri utama :
  • Tombol on/off bersifat manual
  • Ketika Shutdown, untuk mematikan mesti menekan tombol CPU
  • Kabel daya ke motherboard terdiri atas 2 x 6 pin
  • Daya rata-rata di bawah 250Watt
2. Power supplly ATX
Power Supply ATX (Advanced Technology Extended) adalah jenis power supply jenis terbaru dan paling banyak digunakan saat ini. Perbedaan yang mendasar pada PSU jenis AT dan ATX yaitu pada tombol powernya, jika power supply AT menggunakan Switch dan ATX menggunakan tombol untuk mengirikan sinyal ke motherboard seperti tombol power pada keyboard.

Ciri utama :
  • Terdiri atas satu set kabel supply ke motherboard yang berjumlah : 20pin atau 20pin + 4pin 24pin + 4pin atau 24pin + 8pin
  • Ketika shutdown otomatis CPU mati
  • Ada konnector tambahan power SATA (PSU terkini)
  • Daya lebih besar untuk memenuhi standar komputasi masa kini
  • Efisiensi lebih baik

macam-macam perangkat keras komputer
7.VGA Card (Video Graphics Accelerator)
       VGA Card (Video Graphics Accelerator) Adalah perangkat keras yang berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.Proses yang datang dari semua perangkat input inilah yang nantinya di olah menjadi sebuah gambar visual yang akan di tampilkan ke monitor. berdasarkan model slotnya,yaitu tipe AGP ( Accelerated Graphics Port ) dan PCI ( Peripheral component interconnect)

Gambar VGA card tipe AGP                                Gambar VGA card tipe PCI
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSexHp23qrjiH2ppMUwNTEnyLiXT5YyH40VyIwHQAiiJ-uGaRs9yPmnBDetqw5zD2MqPKdGWgYANPdfkB1Wxzc4fN_EoyJOgvpWc9Zvh9A0Hs2hUzmNqKh_LxFRIO1fAe3LEtpMp5NHpc/s1600/vga+agp.jpg  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQlbcz8rpSYG1bkrEl-zW5wX2yrziIDxIJFowieYpsb3OhfM3XpLq51ZmRBWh3nl6TH1fhUn83QPzvroMSrXmQVKRNE05IV3yKdioNhS-zCANJGJCcS2z_MJ7zOaXKvx0e7TNZyiSo8VQ/s1600/vga+pci.jpg



Gambar port VGA
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggWPnHvcjuPT0DviSP6PRJ_b-VUUtNsNtKwewKP-zwQ0iay1zUmyJ68IeDssF57HVuVMbCT-xTXlTf6sLN_2XbwY0qEqvfMY16u5_RiZLfvKaIn5bXKgq8Spw1GfKvXZEfGMwJcvs7zms/s1600/connector+vga.jpg

FUNGSI VGA CARD
Fungsi VGA Card atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game.

JENIS-JENIS VGA CARD

Kartu VGA ISA adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit.Kartu VGA EISA adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O.Kartu VGA PCI adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit atau 64-bit sistem I/O.Kartu VGA AGP adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit atau 256-bit sistem I/O. Kartu VGA PCI Express (PCIe) adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O nya dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/s

Kartu VGA sekarang ini sudah mempergunakan Graphic Accelerator chipset yang merupakan chipset terbaru dimana sudah memiliki kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D) yang terintegrasikan pada chipset yang dimilikinya. Selain kartu VGA sekarang ada peripheral komputer pendukung yang dinamakan 3D Accelerator yang mana fungsi dari akselerator 3D ini adalah untuk mengolah atau menterjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna dan lebih optimal.
8.NIC
     NIC merupakan sebuah perngkat keras jaringan, yang secara fisik berbentuk seperti sebuah kartu ekspansi, yang memungkinkan setiap komputer dapat terhubung dengan suatu jaringan dengan menggunakan kabel jaringan. NIC (Network Interface Card) ini juga memiliki beberapa istilah lainnya, seperti Kartu Jaringan (Network Card).NIC dipasangkan pada sebuah slot yang tedapat di dalam motherboard komputer. Saat ini seluruh jenis motherboard yang ada di dunia sudah mendukung slot untuk ekpansi NIC ini, jadi tidak ada alasan bagi sebuah produsen komputer untuk tidak menanamkan NIC di dalam komputer produksinya. NIC ini menggunakan port yang dikenal sebagai port RJ – 45, yang mana berfungsi sebagai port dalam menghubungkan kabel ataupun antenna wireless di dalam sebuah komouter, agar komputer tersebut bisa terhubung ke dalam jaringan.
41h6m1jrN-L._SX355_

Jenis – Jenis dari NIC

Network Interface Card pada dasarnya terbagi menajdi dua jenis. Berikut ini adalah kedua jenis Network Interface Card :
1.Network Interface Fisik / Physica
Sesuai dengan namanya, Network Inteface card fisik merupakan sebuah Network Interface yang dapat didefinisikan secara fisik, berbentuk kartu dan ditancapkan pada slot di dalam motherboard. NIC fisik inilah yang biasa kita gunakan sehari – hari, yang memiliki port RJ – 45 untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke dalam jaringan menggunakan kabel.


2.Network Interface Logis / Logical
Berbeda degan NIC fisik, NIC logis merupakan sebuah Network Intrface Card yang tidak dpat didefinisikan secara fisik. Itu artinya, NIC Logis merupakan sebuah software atau sebuah program yang dibuat untuk mendefinisikan dirinya seolah – olah menjadi sebuah network interface card.
Tugas Utama dari NIC
       NIC pada dasarnya memiliki beberapa fungsi. Namun demikian, disamping berbagai macam fungsi yang terdapat pada NIC tersebut, NIC memiliki satu tugas utama yang paling penting. Tugas utama dari sebuah NIC tersebut adalah untuk mengubah aliran data berbentuk parallel di dalam bus sebauh komputer menjadi aliran data yang berbentuk serial, sehingga nantinya aliran data yang berbentuk serial tersebut bisa saling di transmisikan di dalam media jaringan komputer.

Manfaat dari NIC di berbagai bidang

       Secara tidak sadar adanya sebuah perangkat keras jaringan bernama NIC di dalam komputer dan perangkat elektronik yang biasa kita gunakan sehari – hari, membawa dampak yang sangat besar bagi kehidupan kita. Selain dapat membantu mempermudah pekerjaan dan membuat proses transfer data serta informasi menjadi lebih cepat dan praktis, penggunaan NIC sebagai media jaringan membawa banyak dampak positif terhadap erbagai bidang yang ada. Berikut ini beberapa contoh manfaat adanya NIC di berbagai bidang:
  1. Bisnis dan perkantoran
Dala bidan bisnis, korporasi dan perkantoran, tentu saja NIC ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah membantu agar setiap komputer yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau perkantoran bisa saling terhubung satu sama lain dengan server utama dari kantor tersebut.
  1. Bidang ekonomi
Di bidang ekonomi, adanya NIC ini dapat membantu mempercepat arus informasi menganai perkembangan ekonomi, dan membantu mempermudah transaksi secara elektronik dengan menggunakan komputer.
  1. Bidang pendidikan
Di dalam bidang pendidikan, NIC juga memiliki banyak peran. Salah satu peran utama adalah pembuatan sebuah jaringan local untuk katalog perpustakaan. Di dalam perpustakaan, user tidak perlu repot berkeliling untuk mencari nomor panggil buku. Dengan memanfaatkan jaringan komputer, maka dapat dengan mudah mencari nomor panggil dari buku yang akan anda cari.
  1. Bidang teknologi informasi
Dari segi teknologi informasi, adanya Network Interface Card membantu membuka jalan bagi perkembangan teknologi informasi lainnya, sehingga dapat menciptakan teknologi yang lebih canggih dan juga lebih bermanfaat lagi.
  1. Bidang sosial dan kemasyarakatan
Dari segi sosial, dengan adanya NIC didalam komputer kita, akan membantu terhubung ke dalam jaringan – jaringan internet, yang membantu kita bersosialisasi dengan teman di dalam dunia maya.

Fungsi dan Manfaat Praktis dari NIC

  1. Membangun sebuah jaringan komputer dan menghubungkan komputer satu dengan komputer lain
Manfaat dan fungsi praktis pertama dari sebuah NIC adalah untuk membuat dan membanguns jaringan komputer, yang bertujuan untuk saling menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Pembangunan sebuah jaringan ini bertujuan untuk saling mempermudah komunikasi antar komputer, sehingga dapat mempercepat transmisi data dan juga arus informasi yang ada.
Biasanya, pembuatan sebuah jaringan komputer yang menggunakan NIC banyak digunakan pada jaringan yang bersifat local, atau jaringan LAN. Karena itu, NIC juga sering disebut sebagai LAN Card (baca juga: fungsi LAN card). Konektivitas Lokal atau LAN ini banyak digunakan pada suatu institusi ataupun organisasi tertentu yang memiliki sebuah bank data atau database, dimana database tersebut dituntut untuk melayani beberapa user yang berperan sebagai workstation.
  1. Membantu mempermudah keperluan pengiriman data dan informasi antar komputer
Dengan adanya NIC di dalam komputer, maka hal ini akan membantu memudahkan sharing resources atau sumber daya antar komputer. Ketika sebuah komputer sudah saling tehubung menggunakan NIC, maka komputer – komputer tersebut akan mennjadi lebih mudah untuk bertukar informasi dan data.
User juga dapat memindahkan dokumen ke komputer lain hanya dengan sekali klik, atau juga bisa mengakses data yang dimiliki oleh server di dalam organisasi dengan mudah dan cepat, tanpa harus repot mencari – cari lokasi data tersebut. Hal ini akan sangat membantu mempermudah dan mempercepat pengelolaan dan juga manajemen data.
  1. Menghubungkan jaringan local dengan jaringan internet
NIC juga berperan penting dalam membangun koneksi ke dalam jaringan internet. Hal ini terutama menggabungkan sebuah konektivitas LAN atau local ke dalam koneksi di dalam jaringan Internet. Fungsi ini banyak terlihat pada jaringan – jaringan di dalam warnet, dimana setiap komputer yang ada di dalam warnet tersebut saling terhubung di dalam konteks jaringan local atau LAN, namun juga tetap bisa terubung ke dalam jaringan internet.
Dengan begitu, maka user dapat membagi dan memecah jaringan internet tersebut ke dalam beberapa komputer yang ada, tanpa harus repot menggunakan banyak modem ataupun access point. User hanya perlu untuk mengkoneksikan server ke dalam internet dan dengan NIC setiap kompter yang terhubung ke dalam server tersebut akan terhubung juga ke dalam jaringan internet.
  1. Mengintegrasikan komputer dengan beberapa peralatan elektronik
Di jaman modern ini tidak hanya komputer desktop ataupun laptop saja yang memiliki konektivitas menggunakan NIC. Beberapa peralatan elektronik lainnya seperti televisi, media player dan perangkat elektronik lain juga memiliki NIC di dalam perangkatnya.
Hal ini sangat memungkinkan sebuah komputer bisa terkoneksi dengan perangkat tersebut, dan komputer bisa berperan untuk mentransmisikan dan mengontrol perangkat tersebut menggunakan konektivitas dari NIC.
1.      SOUND CARD
Adalah perangkat keras computer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara sound card atau yang lebih kita kenal kartu suara suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsisuara dalam PC multimedia.sound card merupakan periferal yang terhubung keslot ISA atau PCL pada motherboard,yang memungkinkan computer untuk memasukkan input,memproses dan menghantarkan data berupa suara. Dilihat dari cara pemasangannya, soundcard dibagi menjadi 3 bagian :
  • Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  • Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
  • Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg3q2_XtQiFFb1yOi6I8BdzUJTnejOuLa1S1C67BUX8z-tyJxfIIPXWHIp92VWgY44f5vQbYfyMBbcJHq4tj2oJbhw43OZ6Igqr-WW5_PZzgyuD74bOIo7KhQtRPoKc2uh9f7ucqGclxj4/s1600/soundcard.jpg
JENIS-JENIS SOUND CARD
  1. Sound Card On Board merupakan fasilitas audio yang sudah terpasang pada motherboard berbentuk chipset dan kinerja sound card on board masih membutuhkan bantuan prosesor utama. Sound card on board dapat ditemui pada hamper semua jenis motherboard. Jika kita hanya membutuhkan sound card untuk musik, sound card tipe ini merupakan pilihan yang baik.
  2. Sound Card PCI merupakan sound card yang dipasangkan pada slot PCI motherboard. Sound card tipe ini memiliki keunggulan pada kualitas yang dihasilkan. Jika hanya digunakan untuk keperluan standard, seperti mendengarkan musik, sound card tipe ini terlalu mahal. Namun jika kita menggunakannya untuk bermain game berat atau untuk kegiatan rekam suara, sound card tipe ini merupakan pilihan yang tepat.
  3. Sound Card External merupakan kartu suara terbaru sekarang ini, pemasangannya seperti USB, banyak keungggulan dari sound card ini dari kualitas suara hingga hardwarenya lebih menarik. Sound card external sangat cocok untuk kegiatan rekam-merekam suara.
FUNGSI SOUND CARD
Sound card memiliki empat fungsi utama yaitu sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengkonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari spiker). Dan biasanya terdapat pada komputer-komputer yang bercirikan Multimedia. Sedangkan cara pengangkutan suara biasanya menggunakan tiga cara, yaitu :
Melalui teknologi frequency modulation (FM) atau Sintesa lewat FM adalah cara yang paling efektif untuk menghasilkan suara yang jernih. Suara disimulasikan dengan menggunakan bilangan algoritma untuk menghasilkan sine wave, alias gelombang yang lentur sehingga menghasilkan suara yang mirip suara sumber aslinya. Misalnya, suara denting gitar akan disimulasikan dan hasilnya akan mendekati suara asli. Cara wavetable adalah merekam suara yang tersimpan pada chip kartu suara, dan meneruskannya ke spiker. synthesizing secara fisik berarti suara disimulasikan melalui prosedur programming yang kompleks.


BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Jadi berdasarkan hasil pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa hardware adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras.hardware atau perangkat keras meliputi :
1.      Perangkat input komputer
2.      Perangkat pemprosesan komputer
3.      Perangkat output komputer
Perangkat keras atau hardware pada komputer contonya seperti :
a.       CPU
b.      MOTHERBOARD
c.       RAM
d.      VGA
e.       PROCESSOR
f.       SOUND CARD
g.      NIC
h.      POWER SUPPLY








DAFTAR PUSTAKA
http://the-cpu.blogspot.com/2010/08/definisi-vga.html
http://id.wikipedia.org/wiki/VGA
http://hardwaremaniac.wordpress.com/2009/11/29/fungsi-vga/
http://dudilbandit.blogspot.com/2009/11/page-size-21cm-29.html
http://the-cpu.blogspot.com/2010/08/komponen-komponen-vga.html




DASAR-DASAR PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

DISUSUN OLEH : KELOMPOK 3
1.    DEWI PURNAMASARI : (15.14201.31.02)
2.    YOGA ADI PRATAMA : (15.14201.31.10)
3.    NAILATUL H.C             : (15.14201.31.21)
4.    MITA HASTUTI             : (15.14201.31.22)
5.    LINDAWATI                   : (15.14201.31.30)

KELAS : PSIK 2 REG.A2

DOSEN PEMBIMBING :
      TRI RIZKI A   S.KOM M.KOM
                        LEDYANA P  S.KOM M.KOM



SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BINA HUSADA
PRORAG STUDI KEPERAWATAN
TAHUN 2016



 
 
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya kami masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa kami ucapkan kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan
            Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin….






       Palembang , 20 maret 2016



                                                                                                                        Kelompok 3











ii
 
 
DAFTAR ISI


COVER...............................................................................................................................   i
KATA PENGANTAR........................................................................................................   ii
DAFTAR ISI......................................................................................................................   iii

BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang.............................................................................................................   1
1.2 Tujuan............................................................................................................................   2
1.3 Rumusan masalah..........................................................................................................   2

BAB II PEMBAHASAN
1.CPU (Central Processing Unit)........................................................................................   4
2.Motherboard (Mainboard)................................................................................................   4
3.RAM (Random Access Memory).....................................................................................   7
4.Harddisk...........................................................................................................................   10
5.Processor...........................................................................................................................   11
6.Power Supply ..................................................................................................................   13
7.VGA Card (Video Graphics Accelerator)........................................................................   14
8.NIC...................................................................................................................................   16

BAB III PENUTUP
KESIMPULAN .................................................................................................................   22

DAFTAR PUSTAKA




iii
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar