Jumat, 17 Juni 2016

BANGKIT DENGAN 7 BUDI UTAMA



BANGKIT DENGAN 7 BUDI UTAMA
BAB 2 : TANGGUNG JAWAB

1.      Urusan bisnis : The Body Shop
“urusan utama dalam bisnis bukanlah mengenai uang,tetapi seharusnya melalui tanggung jawab.”(Anita Roddick, pendiri The Body Shop)
            Apa yang dikatakan anita bukanlah sekedar slogan,namunbenar-benar diaplikasikan dalam perusahaannya,produsen kosmetik yang berdiri tahun 1976.senantiasa menjalankan bisnisnya tanpa mengabaikan tanggungjawab terhadap lingkungan dan masyarakat.Anita Roddick yang merupakan aktivis green peace itu selalu menggunakan bahan-bahan alami dan menolak menggunakan bahan hasil farmasi untuk meminimalkan dampak lingkungan.ia juga menolak cobaan produk pada binatang ( againts animal testing) ia hanya menggunakan wadah produk yang dapat didaur ulang.
            Sangat berbeda dengan hampir semua jenis kosmetik lain yang mengalokasikan dana yang sangat besar untuk iklan dan menyewa supermodel.the body shop mengalokasikan dana periklanan untuk membuat pamflet yang ditempel dimobil box dan truk yang berisi pengunguman foto anak-anak yang hilang beserta nomor kontak orang tuannya.iapun sangat peduli pada masyarakat lokal terutama kelompok perempuan miskin diberbagai negara berkembang,ia berkerjasama dengan komunitas masyarakat negara ketiga penghasil bahan baku produk dari alam agar mereka mendapat produk yang adil dan melindungi lingkungan.the body shop membeli bahan baku dari 42 komunitas penyuplai bahan yang tersebar dari 26 negara dan melibatkan 15.000 keluarga diseluruh dunia.
            Apa yang dilakukan anita sangat bertolak belakang dengan mainstream dunia bisnis pada umumnya.namun apa yang terjadi sungguh diluar dugaan,perusahan yang senantiasa mengusung nilai tanggungjawab tersebut justru meleset menuju puncak sukses.perusahaa kosmetik itu berhasil mencuri hati konsumen dunia.the body shop perusahaan yang dirintis  dari garasi rumah hingga berkembang di lima benua kini dinobatkan sebagai produk dengan merek nomor 2 paling dipercaya di inggris sedangkan dalam skala dunia iaberada pada urutan ke 27 sebagai merek terkenal.Anita telah berhasil membuktikan bahwa bisnis dapat eksis bahkan meraih puncak sukses tanpa mengabaikan nilai-nilai luhur kemanusiaan,konsistensinya dalam menjalankan prinsipnya yang menggetarkan dan menimbulkan simpati dunia telah mengantarkan anita menjadi salah seorang perempuan terkaya di inggris.bahkan ratu inggris memberinya gelar kebangsawanan “Dame” pada 2003.anita roddick telah pergi namun ia tetap di kenang dunia karena nilai tanggungjawab yang terus diterapkannya dalam  menjalankan bisnisnya jauh sebelum forum-forum dunia meneriakkan pentingnya tanggung jawab sosial perusaan (corporate social responsibilty).





2.      Ibunda pianis 4 jari
           
Jadikan dirimu bagai pohon yang rindang dimana insan dapat berteduh jangan seperti pohon kering tempat sang pungguk melepas rindu dan hanya layak dibuat kayu api. (Anonim)
            Seorang wanita muda mengandung anak yang diperkirakan akan cacat.keluarga besarnya menganjurkan wanita itu untuk menggugurkan anak tersebut namun rasa keibuan membuatnya memutuskan lain “ini anakku darah dagingku sendiri,tidak mungkin aku gugurka.”ujarnya.ia pun kemudian melahirkan seorang bayi perempuan yang ternyata memang cacat bayi tersebut hanya mempunya 4 jari tangan kedua kakinya hanya sebatas lutut dan mengalami keterbelakangan mental,berbeda dengan keluarganya yang menganggapnya aib dan memintanya agar menyerahkan anak itu kepanti asuhan.wanita itu tetap menyambut sang bayi dengan suka cita. “bagiku ia cantik” ujar ibu tersebut.sungguh tak mudah baginya membesarkan anak yang banyak memiliki kekurangan itu sendirian,karena suaminya justru juga membutuhkan perawatan dirinya.sang suami menderita lumpuh.
“ tenang saja tuhan akan membantu dan berada disamping kamu karena kamu kekurangan tuhan pun pasti akan memberi lebih “
            Ia mengajari anaknya bermain piano pada umur 7 tahun padahal memgang pensil saja ia tak bisa.kakinya tak mampu menginjak pedal karena itu pedal piano ditiggikan keterbelakangan mentalnya membuat sianak tidak bisa berhitung padahal untuk main piano diperlukan kemampuan berhitung,ia melatih anaknya dengan cara memindahkan tangannya dari satu tuts ke tuts lainnya.ia pun memanggil guru piano untuk mengajari putri ttercintanya itu.untuk senantiasa meningkatkan kemampuannya ia bahkan mengganti guru pianonya beberapa kali. Namun cobaan berat kemudian datang mendera seluruh keluarga itu menderita sakit. Kaki si anak harus dioperasi, suaminya sakit parah, dan wanita itu terkena kanker payudara. Namun ia terus berjuang mengatasi semua persoalan keluarganya.ketika sianak mogok main piano ia terus memotivasi “ tenang saja tuhan akan membantudan berada disamping kamu karena kamu punya kekurangan tuhan pun pasti akan memberi lebih”.bertahun-tahun berlalu anak itu kemudian menjadi pianis handal ia keliling duina menggelar konser, meski hanya dengan 4 jari. Pianis itu bernama Hee Ah Lee yang kini menjadi warga kehormatan korea.kesuksesan Hee Ah tak mungkin diraih tanpa sosok sang ibu. Berkat ibunya ia mampu berkembang sesuai arti namanya : sukacita terus tumbuh seperti tunas pohon.

3.      Dari puing kebakaran
Janganlah berputus asa. Tetapi kalau anda sampai berada dalam keadaan putus asa, berjuanglah terus.(Anonim)
            seorang pengusaha kosmetik kebingungan rumah,pabrik,aset beserta seluruh produk kosmetiknya ludes terbakar. Ia harus membayar utang-utangnya pada pemasok. Semangatnya padam sudah ia menganggap musibah tersebut pertanda bahwa Allah tidak merestui usahanya dibidang kosmetik ia pun berniat menutup usahanya karena penghasilan suaminya yang bekerja diperusahaan yang cukup mapan masih dapat menutupi kebutuhan keluarganya. Namun tatkala ia melihat karyawan-karyawatinya yang sedih dan kecewa harus kehilangan pekerjaan.hatinya pun tersentuh. Ia mersa turut bertanggungjawab dengan nasib seluruh keluarga karyawannya jika ia sampai merumahkan mereka dengan tekad untuk menghidupi karyawannya tersebut, semangat yang tadinya padam kini menyala kembali ia berusaha dan kerja keras untuk menghidupkan kembali usahanya. Niat baik itu ternyata berubah begitu banyak kemudahan. Dalam waktu hanya dua minggu ia berhasil mendapat tempat usaha dari seorang kenalannya.pemasok pun bersedia memberikan pinjaman produk.roda usahanya pun kembali berputar. Dalam waktu dua minggu pula ia mampu memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada 30 orang karyawan.
            Usahanya berkembang kian pesat,tak sampai seahun ia berhasil membangun rumah dan pabrik. Hingga kini Nurhayati subakat- demikian nama pengusaha wanita tersebut – memimpin lebih dari600 orang karyawan dengan omset 12 miliar rupiah perbulan. Nurhayati memang dikenal sangat menghargai karyawannya ia menilai kemajuan usahanya bukan karena dirinya semata. Lulusan farmasi ITB ini mengaku “ sukses ini bukan karena saya orang ointar. Saya tak pandai dalam bidang marketing, terbukti jualan saya tidak laku”.ucapannya memang tidak berlebihan ketika pertama kali menjual produknya ke salon-salon semuanya menolak, bahkan . pernah suatu kali ketika menawarkan produk kepada sang ibu ia malah memanggil pembantunya dan menawarkan produknya yang murah itu pada pembantunya padahal produk Nurhayati dibuat dengan bahan berkualitas.
            Berkat pertolongan tetangganya yang pernah bekerja disalon produknya mulai laku di pasaran. Kemudian lainnya adalah ketika ia sedang kebingungan mencari model untuk memasarkan produknya. Maklum kosmetik yang diproduksi Nurhayati bukan produk biasa namun produk kosmetik muslimah pertama yang tidak menggunakan alkohol. Dengan demikian modelnya pun harus seseorang yang memang konsisten berbusana muslimah. Nurhayati tindak menganggap semua kemudahan itu sebagai sebuah kebetulan namun pertolongan-Nya karena niat awal usahanya  yang tulus karena rasa tanggungjawab terhadap semua karyawan yang hidup dari usahanya. Ia yakin tanpa rasa tanggungjawab seseorang sulit maju keyakinan tersebut bersumbar dari pengalaman pribadinya. “jika saya hanya berpikir diri saya dan keluarga, maka dengan 20 karyawan saja cukup. Namun ketika kita memiliki rasa tanggungjawab maka kita akan mengeluarkan potensi terbaik kita bahkan kita akan bekerja diatas kapasitas yang kita miliki.

4.      Jenderal diatas tandu
Robek-robeklah badanku,potong-potonglah jasadku tetapi jiwaku yang dilindungi benteng merah putih akan tetap hidup. Akan tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi. Jangan bimbang dalam menghadapi macam-macam penderitaan, karena makin dekat cita-cita kita tercapai, makin berat yang harus kita alami. (jenderal soedirman)

            seorang laki-laki kurus dan ringkih bersikukuh untuk tetap terjun dalam kancah peperangan penyakit yang menggerogoti tubuhnya tak dirasanya fisiknya memang lemah karena itu ia harus ditandu . namun gelora semangat untuk memimpin pasukan melakukan perang gerilya tetap menyala. Selama tujuh bulan ia harus berpindah-pindah dari satu hutan ke hutan yang lain bahkan naik turun gunung terik matahari dan derasnya hujan tak ia hiraukan sakitnya cukup parah paru-parunya yang berfungsi hanya tinggal satu sedangkan obat-obatan sama sekali tak tersedia.
            Lelaki itu memang bukan orang sembarangan.ia sudah menjadi jenderal ketika usiannya baru menginjak 31. Ia adalah panglima sekaligus jenderal pertama dan termuda republik ini dialah jenderal Soedirman. Rasa tanggung jawabnya yang tinggi sebagai seorang pemimpin tentara membuatnya tidak peduli pada keadaan dirinya sendiri namun terus berjuang demi mempertahankan republik indonesia yang amat dicintainya, mengetahui keadaan tersebut presiden soekarno menganjurkannya tinggal di dalam kota untuk melakukan perawatan dan proses pemulihan namun anjuran itu tidak dipenuhinya karena dorongan suara hatinya untuk melakukan perlawanan pada belanda.
            Dalam Agresi militer II belanda itu,yogyakarta pun kemudian berhasil dikuasa belanda. Bung karno dan Bung hatta serta beberapa anggota kabinet juga sudah ditawantapi kepada pasukannya Soedirman selalu memberi semangat dan petunjuk seakan dia senidir tidak merasakan penyakitnya ketika presiden Soekarno memerintahkan jenderal Soedirman dan pasukan untuk mundur sebagai tindak lanjut dari perjanjian Renville sang jenderal tidak langsung  protes dengan seksama jenderal Soedirman memikirkan cara terbaik untuk menjalankan perintah tersebut tanpa mematahkan semangat anak buah yang mungkin saja merasa harga diri mereka terinjak-injak karena harus mundur. Kemudian sang panglima besar memerintahkan anak buahnya dengan kata-kata yang bijak namun tegas untuk hijrah dari garis belakang.
            Jenderal besar tersebut menghembuskan napasnya terakhir pada usia yang masih relatif muda , 34 tahun pada tanggal 29 januari . ia dinobatkan sebagai pahlawan pembela kemerdekaan ia selalu mendapat tempat istimewa dalam sejarah perjuangan kemerdekaan indonesia.

5.      Sekarang gandum di punggung khalifah
Kamu tidak memiliki tanggungjawab sedikitpun terhadap perbuatan mereka dan mereka pun tidak memikul tanggungjawab sedikitpun terhadap perbuatanmu yang menyebabkan kamu (berhak) mengusir mereka, (sehingga kamu termasuk orang-orang yang zalim ). (Q.S AL- an’am (6) :52)
            Malam belum beranjak jauh dari sebuah rumah yang nyaris rubuh terdengar tangisan seorang anak yang begitu menyayat hati suara seorang bocah yang menangis entah karena apa. Seorang laki-laki yang tak dikenal merapat ketepi jendela rumahsederhana dan kumuh itu suara tangisan itu mengetuk hatinya untuk memahami apa yang sesungguhnya terjadi. Laki-laki asing itu kini tahu bahwa sianak menangis karena kelaparan sedangkan ibunya tak memiliki sedikitpun makanan “diamlah anakku sayang ibu sedang memasak untuk makan malammu kita akan makan bersama kalau makanan ini sudah matang” ujar si ibu. Namun laki-laki didekat jendela itu sangat kaget karena sesungguhnya yang dimasak sang ibu adalah bebatuan. Si ibu berpura-pura memasak makanan dengan harapan anaknya akan tertidur karena kelelahan menunggu itulah satu-satunya cara yang bisa ia lakukan untuk menenangkan dan menghibur sang buah hati dari rasa lapar.sambil mengaduk sang batu sang ibu pun bergumam “alangkah enaknya hidup menjadi seorang khalifah tak pernah tahu ada rakyatnya bahkan khalifah tak pernah tahu ada rakyatnya yang kelaparan.” Suara wanita tersebut terdengar menyebut-nyebut nama khalifah dengan nada kesal mendengar semua itu laki-laki yang ada di tepi jendela itu tiba-tiba mengucurkan airmata . dialah orang yang tengah di ceritakan wanita itu khalifah Ummar bin Khatab pimpinan tertinggi negara
            Ia pun pergi menuju kegudang makanan yang ada di kota dan mengambil sekarung bahan makanan ia kemudian memanggul karung makanan tersebut untuk diberikan kepada keluarga yang sedang kelaparan itu,ketika seorang pegawainya menawarkan untuk memanggulkan karung tersebut khalifah serta-merta menolaknya menurut khalifah sungguh tak pantas seorang pemimpin menyuruh bawahannya mengerjakan hal sebenarnya masih bisa dilakukannya khalifah umar justru bertanya “beranikah kamu menggantikan memanggul tanggungjawabku diakhirat kelak?”. Tak hanya memanggul bahan makanan khalifah umarpun memasakkannya dan menemani keluarga itu makan malam sebelum pamit pulang khalifah masih sempat menghibur sang anak hingga tertidur pulas.
6.      Di bawah mantel hadrami
Tanda-tanda orang yang budiman adalah dia akan merasa gembira jika dapat berbuat kebaikan kepada orang lain dan dia akan merasa malu jika menerima kebaikan dari orang lain. (Anonim)
            Matahari mulai tergelincir dibalik cakrawala terang secara perlahan bertukar temaram lalu gulita malampun melingkupi tanah mekkah sekelompok pemuda pilihan dengan senjata lengkap mendatangi kediaman Nabi Muhammad rombongan itu dipimpin Khalid bin Walid seorang pemuda yang terkenal kecakapannya dalam berperang dibelakang para pemuda itu, seratus orang kepala kabilah Quraisy mengiringi. Mereka berbagi tugas menyebar dan mengepung rapat rumah lelaki yang selama ini diincar dari berbagai arah didalam rumah yang sudah dikepung itu.Nabi Muhammad dengan suara perlahan meminta seorang pemuda belia Ali bin Abi Thalib untuk tidur ditempat tidurnya mengecoh pengepung “tidurlah ditempat tidurku  dan pakailah mantel hadramiku” kata lelaki itu “engkau akan tetap aman dari gangguan mereka ujar Nabi Muhammad menenangkan.
            Tengah malam Nabi Muhammad pun diam-diam keluar rumah tanpa diketahui seorang pun menuju rumah Abu Bakar perjalanan hijrah akan di mulai.pemuda Quraisy yang bersiap siaga itu mengintip rumah tersebut dari sebuah celah,tampak sesosok tubuh tampak berbaring ditempat tidur mereka senang mengira Nabi Muhammad masih belum meninggalkan rumahnya mereka tetap menunggu diluar rumah mereka berharap saat Muhammad akan meninggalkan rumah mereka akan menebas lehernya .saat matahari mulai terbit orang-orang musyrik tak melihat seorangpun keluar dari rumah itu merekapun berusaha masuk rumah Nabi sambil menghunuskan pedang untuk membunuh orang yang sedang tidur namun mereka kecewa karena yang mereka jumpai adalah Ali yang tengah berbaring diatas tempat tidur Nabi SAW merekapun segera pergi meninggalkan rumah tersebut.Ali yang masih muda belia tiada merasa gentar mengecoh musuh meskipun nyawa yang menjadi taruhannya demikianlah teladan tanggungjawab seorang sahabat pada pimpinannya.

7.      Tragedi sang raksasa
Puncak dari kebenaran akal adalah keterbelengguan (Ar-razi).
            siang itu pelabuhan southampton begitu sibuk dan meriah wajah cerah tak hanya tampak pada para penumpang kapal yang sebentar lagi akan berangkat orang-orang disekitar pelabuhan pun begitu antusias dan kagum menyaksikan kapal terbesar dan termewah itu Rabu 10 april 1912 telah ditetapkan sebagai tanggal perdana keberangkatan titanic sang raksasa menuju Ney York. Peluit panjang pun berbunyi tiga dari empat buah cerobong asap yang sangat tinggi dan besar mengepulkan asap tebal hitam,titanic pun bergerak diriasi lambaian tangan massa. Ketika meninggalkan pelabuhan , ombak yang ditimbulkan oleh laju titanic menyebabkan kapal penumpang yang berlabuh didekatnya putus tali tambatnya begitu besarnya kapal tersebut hingga kapal-kapal lain tampak begitu kecil
            “bahkan tuhan pun tidak bisa menenggelamkannya” demikian semboyan sang kapal. Titanic saat itu dianggap sebagai puncak arsitektur laut dalam pencapaian teknologi dan desainnya,ia dilengkapi dengan 16 ruang kedap air dengan pintu yang diberi pengunci elektrik dan akan menutup hanya dengan menekan satu tombol dari dek kapal. Titanic mampu terapung dengan baik walau dua ruang tengah dipenuhi air atau empat bagian pertama dipenuhi air.  Kapal pesiar mewah bertenaga uap sepanjang 269 meter itu terkenal dengan kontruksi bajanya yang kokoh. Pada bagian dasar kapal, dibuat dua bagian pelapis untuk memberikan perlindungan ganda. Pelapis yang kedua tebalnya hampir dua meter, para insinyur telah memperhitungkan berbagai kemungkinan. Apabila terjadi benturan dahsyat. Satu bagian dari kapal akan tetap terapung dan tidak akan tenggelam begitu saja. Semuanya sudah dirancang dengan sangat rinci. Karena itu, nama kapal diambil dari mitologi yunani. Yaitu Titan “dewa super” yang kemampuannya jauh diatas manusia.
            Namun takdir berkata lain. Pada 14 april 1912, jam 11.40 malam, ketika sedang melewati perairan daerah canada. Titanic menubruk gunung es. Kapal terhebat itu, akhirnya terpecah menjadi dua dan tenggelam sempurna kedalam samudera luas. Peristiwa nahas itu menelan korban 1500 nyawa manusia dan hanya menyisakan 700 orang. Sejarah mengatakan, kapten kapal sudah diingatkan oleh kapal yang melintas didekatnya bahwa terdapat pecahan gunung es yang besar didepan. Dan titanic tidak dapat menghindarinya dalam kecepatan penuh 21 knot. Para kelasi pun memberikan peringatan dua kali kepada kapten kapal, tetapi peringatan itu “tidak” diperhatikan. Kapten kapal memutuskan tetap melanjutkan perjalanan pada kecepatan tersebut, karena kapal sudah terlambat akibat menghindar 20 derajat dari rute.
            Ketika diberi peringatan ketiga, kapten baru bertindak. Namun sudah terlambat. Kapal pun menabrak gunung es, ditengah malam dengan suhu udara di bawah 20 derajat celcius. Peristiwa tragis tersebut hingga kini dianggap bencana yang paling menakutkan dalam sejarah pelayaran. Keinginan untuk mengejar reputasi “tepat waktu”, membuat sang kapten melupakan tanggungjawab pada keselamatan penumpangnya.

INDAHNYA TANGGUNGJAWAB

Setiap diri adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban tentang apa yang dipimpinnya.(HR. Al-Bukhari)
            Kesuksesan hidup pianis empat jari Hee Ah Lee sesungguhnya menyimpan kisah tentang tanggung jawab yang diperankan oleh Woo kap sun (50) baik sebagai ibu maupun isteri. Woo dengan segala perjuangannya memberikan pembelajaran justru ketika begitu banyak orang yang lari dari tanggung jawab kehidupan. Ada orang yang ketika didera kesulitan, mengakhiri hidupnya sendiri. Bahkan ada juga yang menghabisi nyawa seluruh keluarganya. Sebagian lagi mengatasi kesulitan hidup justru dengan menyulitkan kehidupan orang lain.
            Setiap manusia dilahirkan dengan tanggungjawab dipundaknya. Tanggungjawab didalam bahasa inggris disebut responsibility yaitu able to respon. Dengan demikian tanggungjawab didefenisikan sebagai sikap dan tindakan seseorang dalam menerima amanah dengan penuh rasa cinnta sehingga melahirkan amal terbaik. Seseorang yang bertanggung jawab adalah seseorang yang siap menerima tugas dan kewajiban baik sebagai anak, orang tua, karyawan,pimpinan,dll. Tanggungjawab sering diidentikan dengan beban berat,sehingga banyak orang yang melepaskan tanggungjawabnya begitu saja. Pepatah ‘lempar batu sembunyi tangan’ menggambarkan orang yang tidak mau bertanggungjawab atas perbuatan yang dilakukannya. Ketika seseorang tidak menjalankan tanggungjawabnya dengan baik maka akibatnya bisa fatal. Hal itu terjadi pada kasus tenggelamnya kapal titanic. Kapten kapal yang berambisi sampai tepat waktu melupakan adanya bahaya batu es yang dapat membahyakan penumpang. Dua kali peringatan yang diberikan oleh kapal dan kelasi diabaikan sang kapten mengakibatkan benturan keras kapal pada gunung es. Akibatnya 1500 orang meninggal disamudera Atlantis.
            Dalam kisah-kisah diatas kita dipertemukan dengan sosok-sosok pejuang yang berusaha menjalankan tanggungjawabnya dengan baik. Komitmen jenderal soedirman untuk memikul tanggungjawab membuatnya terus bertahan dalam kondisi apapun. Bahkan ketika kesehatannya begitu memburuk sehingga ia harus ditandunaik turun gunung. Membuat banyak orang terharu sekaligus terinspirasi. Umar bin khattab memberikan teladan tentang bagaimana seorang pemimpin menjalankan tanggungjawabnya. Meski seorang kepala negara umar tak ragu memanggul karung gandum dan memberikannya langsung oleh tangannya sendiri, karena itu khalifah sangat disayangi rakytnya karena tanggungjawab yang luar biasa.
            Ketika seseorang menjalankan tanggungjawab sesungguhnya itu bukanlah untuk orang lain kisah pengusaha Nurhayati Subakat dan Anita Rodick membuktikan bahwa ketika seseorang pembisnis menjalankan tanggungjawabnya konsumennya dan lingkungannya. Maka buah kesuksesan akan didapatkan. Mengapa kisah tanggungjawab senantiasa menghadirkan rasa kagum dan haru. Tanggungjawab sesungguhnya adalah sifat Allah Al-wakil yaitu yang maha memanggul amanah. Sifat ilahi ini merupakan suara hati semua manusia. Karena jauh sebelum manusia dilahirkan sifat ini telah ditiupkan sang pencipta manusia pada dasarnya ingin senantiasa bertanggungjawab. Karena itu mereka mengagumi ibunda Hee Ah Lee, Jenderal Soedirman, dll sebagaimana sesungguhnya mereka selalu mengagumi Allah Al-Wakil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar